Sabtu, 29 Desember 2012

makalah polimer


MAKALAH
“ POLIMER ”
Untuk Memenuhi Tugas Bidang Studi “KIMIA” Yang Di Bina Oleh:
Bapak Dosen: IR. ABDUL MUTHALIB FARAJ




Oleh:

Nama       :
N.P.M      :
Jurusan   :
Saiful Waris Ahmat
711.5.1.0520
Teknik Sipil


UNIVERSITAS WIRARAJA
SUMENEP
2011-2012



KATA PENGANTAR
Alhamdulillah, segala puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT. yang telah memberikan  nikmat, sehat, dan kesempurnaan ketimbang makhluk-makhluk yang lain sehingga kami bisa berbagi ilmu dengan sesama hamba ALLAH SWT. dan kami juga bisa melaksanakan aktifitas sehari-hari dengan baik.
Shalawat dan salam semoga tetap tercurah limpahkan kepada Nabi besar Muhammad SAW. sesuai dengan hadist yang disampaikan beliau yakni “saya diutus kedunia hanya untuk memperbaiki akhlak manusia” karena berkat beliaulah kita semua bisa merasakan keindahan duniawi.
Kami yakin dalam penulisan makalah ini masih banyak kekurangan baik dari segi bahasa yang kurang sopan maupun  dalam kerangka penulisan makalah, untuk itu kami mohon bimbingan untuk memberikan kritik yang membangun baik melalui media atau pengucapan secara langsung,  demi pengembangan dan perbaikan pembuatan makalah selanjutnya.



DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL…………………………………………………………..
KATA PENGANTAR…………………………………………………………
DAFTAR ISI…………………………………………………………………..
BAB I     PENDAHULUAN
1.      LATAR BELAKANG....................................................................
2.      RUMUSAN MASALAH...............................................................
3.      TUJUAN PENULISAN.................................................................
4.      MAMFAAT PENULISAN............................................................
BAB II    PEMBAHASAN
1.      PENGERTIAN POLIMER............................................................
2.      APA MAMFAAT DAN KEUNTUNGAN....................................
3.      SISICIVIL ENERGINERING, APA KEUNTUNGANNYA........
BAB III   PENUTUP
1.     KESIMPULAN.............................................................................

i
ii
iii



 BAB I
PENDAHULUAN
1.    LATAR BELAKANG
Polimer merupakan ilmu pengetahuan yang berkembang secara aplikatif. Kertas, plastik, ban, serat-serat alamiah, merupakan produk-produk polimer.
Polimer, merupakan ilmu yang sangat menarik untuk dipelajari. Polimer merupakan ilmu yang sangat dinamis.Oleh karena itu, sangat dibutuhkan pengetahuan yang baik tentang konsep-konsep dasar polimer, guna dapat memahami dan mengembangkan ilmu polimer. Plastik merupakan salah satu bahan yang paling umum kita lihat dan gunakan. Bahan plastik secara bertaha  mulai menggantikan gelas, kayu dan logam. Hal ini disebabkan bahan plastik mempunyai beberapa keunggulan, yaitu: ringan, kuat dan mudah dibentuk, anti karat dan tahan terhadap bahan kimia, mempunyai sifat isolasi listrik yang tinggi, dapat dibuat berwarna maupun transparan dan biaya proses yang lebih murah. Namun begitu daya guna plastik juga terbatas karena kekuatannya yang rendah, tidak tahan panas mudah rusak pada suhu yang rendah. Keanekaragaman jenis plastic memberikan banyak pilihan dalam penggunaannya dan cara pembuatannya. Plastik adalah suatu polimer yang mempunyai sifat-sifat unik dan luar biasa.
Polimer adalah suatu bahan yang terdiri dari unit molekul yang disebut monomer Jika monomernya sejenis disebut homopolimer, dan jika monomennya berbeda akan menghasilkan kopolimer. Polimer alam yang telah kita kenal antara lain: selulosa, protein, karet alam dan sejenisnya. Pada mulanya manusia menggunakan polimer alam hanya untuk membuat perkakas dan senjata, tetapi keadaan ini hanya bertahan hingga akhir abad 19 dan selanjutnya manusia mulai memodifikasi polimer menjadi plastik. Plastik yang pertama kali dibuat secara komersial adalah nitroselulosa. Material plastik telah berkembang pesat dan sekarang mempunyai peranan yang sangat penting dibidang  elektronika, pertanian, tekstil, transportasi, furniture, konstruksi, kemasan kosmetik, mainan anak-anak dan produk-produk industry lainnya.
Secara garis besar, plastik dapat dikelompokkan menjadi dua golongan, yaitu: plastik thermoplast dan plastik thermoset. Plastik thermoplast adalah plastik yang dapat dicetak berulang-ulang dengan adanya panas. Yang termasuk plastic thermoplast antara lain: PE, PP, PS, ABS, SAN, nylon, PET, BPT, Polyacetal (POM), PC dll. Sedangkan palstik thermoset adalah plastik yang apabila telah mengalami kondisitertentu tidak dapat dicetak kembali karena bangun polimernya berbentuk jaringan tiga dimensi. Yang termasuk plastic thermoset adalah: PU (Poly Urethene, UF (UreaFormaldehyde), MF (Melamine Formal dehyde), polyester, epoksi dll. Untuk membuat barang-barang plastik agar mempunyai sifat-sifat seperti yang dikehendaki, maka dalam proses pembuatannya selain bahan baku utama diperlukan juga bahan tambahan atau aditif. Penggunaan bahan tambahan ini beraneka ragam tergantung pada bahan baku yang digunakan dan mutu produk yang akan dihasilkan. Berdasarkan fungsinya, maka bahan tambahan atau bahan pembantu proses dapat dikelompokkan menjadi: bahan pelunak (plasticizer), bahan penstabil (stabilizer), bahan pelumas (lubricant), bahan pengisi (filler), pewarna (colorant), antistatic agent, blowing agent, flame retardant dsb.
2.    RUMUSAN MASALAH
Adapun permasalahan pada pembahasan makalah ini ialah :
·         Apakah yang dimaksud dengan polimer?
·         apa mamfaat dan keuntungannya?
·         sisi civil energinering, apa keuntungannya?
3.    TUJUAN PENULISAN
Adapun tujuan dalam penulisan makalah ini antara lain :
·         Memberi penjelasan tentantang polimer
·         Mengetahui apa polimer
·         Memperluas pengetahuan tentang polimer
4.    MANFAAT  PENULISAN
Manfaat penulisan makalah ini:
·      Mempertajam analisa penulisan.
·      Bisa memahami bagaimana cara penulisan makalah
·      Mengetahui isi tentang polimer
BAB II
PEMBAHASAN
1.    PENGERTIAN POLIMER
Polimerisasi adalah reaksi pembentukan rantai polimer organik yang panjang dan berulang. Polimerisasi digolongkan ke beberapa sistem: sistem adisi-kondensasi dan sistem pertumbuhan rantai bertahap. Bentuk lain dari polimerisasi adalah polimerisasi membuka cincin yang serupa dengan polimerisasi rantai. Polimer alamiah mencakup protein seperti sutera,enzim dan serat otot. polimer disebut juga makromolekul. Polimer adisi contohnya: polietilena, teflon, PVC, PVA dan PMMA. Polimer kondensasi contohnya :nilon, kevlar, silicon rubber, dan poliester.
2.    APA MAMFAAT DAN KEUNTUNGAN
Dalam kehidupan sehari-hari banyak barang-barang yang digunakan merupakan polimer sintetis mulai dari kantong plastik untuk belanja, plastik pembungkus makanan dan minuman, kemasan plastik, alat-alat listrik, alat-alat rumah tangga, dan alat-alat elektronik. Setiap kita belanja dalam jumlah kecil, misalnya diwarung, selalu kita akan mendapatkan pembungkus plastik dan kantong plastik (keresek).
Barang-barang tersebut merupakan polimer sintetis yang tidak dapat diuraikan oleh mikroorganisme. Akibatnya, barang-barang tersebut akan menumpuk dalam bentuk sampah yang tidak dapat membusuk. Atau menyumbat saluran air yang menyebabkan banjir. Sampah polimer sintetis jangan dibakar, karena akan menghasilkan senyawa dioksin. Dioksin adalah suatu senyawa gas yang sangat beracun dan bersifat karsinogenik (menyebabkan kanker).
Plastik vinyl chloride tidak berbahaya, tetapi monomer vinyl chloride sangat beracun dan karsinogenik yang mengakibatkan cacat lahir.
Plastik yang digunakan sebagai pembungkus makanan, jika terkena panas dikhawatirkan monomennya akan terurai dan akan mengontamiasi makanan.
Þ    Untuk mengurangi pencemaran plastik :
2.    Kurangi penggunaan plastic
3.    Sampah plastik harus dipisahkan dengan sampah organik,  sehingga dapat didaur ulang.
4.    Jangan membuang sampah plastik sembarangan.
5.    Sampah plastik jangan dibakar.
Þ    Untuk menghindari bahaya keracunan akibat penggunaan plastik :
1.    Gunakan kemasan makanan yang lebih aman, seperti gelas.
2.    Gunakan penciuman, jika makanan/minumam  bau plastik jangan digunakan.
sebenarnya mengacu pada kelas besar alam dan bahan sintetis dengan berbagai properti Karena berbagai properti luar biasa diakses dalam bahan polimer mereka dating untuk memainkan peran penting dan mana-mana dalam kehidupan sehari-hari dari  plastik dan elastomer di satu sisi biopolymers alam seperti DNA dan protein yang penting bagi kehidupan disisi lain. Sebuah contoh sederhana adalah polietilen, yang berulang berdasarkan unitethylene. Paling umum, seperti dalam contoh ini, yang terus menerus dihubungkan tulang punggung suatu polimer yang digunakan untuk persiapan plastik terutama terdiri dari atom karbon. Namun, memang ada struktur lain, misalnya, unsur-unsur seperti silikon bentuk bahan akrab seperti Silikon, contoh-contoh yang konyol dempul dan tahan air ledeng sealant. Tulang punggung DNA pada kenyataannya didasarkan pada ikatan fosfodiester, dan mengulang unit polisakarida yang bergabung bersama-sama oleh ikatan glikosidik melalui atom oksigen Bahan polimer alami seperti lak, kuning dan alam karet telah digunakan selama berabad-abad. Biopolymers seperti protein dan asam nukleat memainkan peran penting dalam proses biologi. Berbagai ada polimer alam lainnya, seperti selulosa, yang merupakan unsur utama kayu dan kertas. Yang daftar Polimer  sintetik termasuk karet sintetis, Bakelite, neoprene, nilon, PVC,  plastik,  polietilen,  polipropilen, polyacrylonitrile, PVB, silicon dan banyak lagi.
Polimer yang dipelajari dalam bidang kimia polimer, polimer fisika dan ilmu   polimer Banyak polimer penting secara komersial disintesis oleh modifikasi kimia polimer yang terjadi secara alami. Contoh menonjol meliputi reaksi asam nitratdan selulosa untuk membentuk nitroselulosa dan pembentukan divulkanisir karet dengan memanaskan karet alam di hadapan belerang.
Rekayasa polimer meliputi bahan alami seperti karet dan bahan sintetis seperti plastik dan elastomer. Polimer merupakan bahan yang sangat berguna karenastruktur mereka dapat diubah dan disesuaikan untuk menghasilkan bahan :1) dengan berbagai sifat mekanik 2) dalam spektrum yang luas dari warna dan3) dengan sifat-sifat transparan yang berbeda polimer terdiri dari molekul sederhana banyak yang mengulang unit strukturalyang disebut monomer. Sebuah molekul polimer tunggal dapat terdiri dariratusan hingga satu juta monomer dan mungkin memiliki, linier bercabang, ataustruktur jaringan. Ikatan kovalen memegang atom dalam molekul polimer  bersama dan obligasi sekunder lalu tahan kelompok rantai polimer bersamauntuk membentuk bahan polimer. Kopolimer merupakan polimer yang terdiridari dua atau lebih jenis monomer.
BAB III
PENUTUP
  1. KESIMPULAN
Polimer didefinisikan sebagai substansi yang terdiri dari molekul-molekul yang menyertakan rangkaian satu atau lebih dari satu unit monomer. Manusia sudah berabad-abad menggunakan polimer. Tapi industri polimer modern baru mulai berkembang pada masa revolusi industri.
Di dalam bahan plastik berlangsung aliran yang mirip dengan cairan yang sifat rekat/kekentalannya tinggi. Kebanyakan material mendemonstrasikan kombinasi dari perilaku elastis dan plastik, memperlihatkan perilaku plastik setelah melebihi batasan elastis.







Tidak ada komentar:

Poskan Komentar